Logo Senin, 14 Oktober 2019
images

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur

tabloidpewarna.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional maklum jika Presiden Joko Widodo mencopot menteri dari partainya, Asman Abnur. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay mengatakan kemungkinan itu wajar terjadi sebagai bagian dinamika politik terkini.

"Terkait dinamika politik kekinian, perlu dicatat bahwa secara konstitusional Presiden memiliki hak prerogatif untuk menentukan komposisi kabinet dalam menjalankan roda pemerintahan," kata Saleh melalui pesan kepada Tempo, Selasa, 14 Agustus 2018.

Asman Abnur merupakan satu-satunya perwakilan PAN di kabinet Jokowi. Asman menduduki jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun, Asman terancam dicopot seiring dengan sikap PAN mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam pemilihan presiden 2019.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah mengisyaratkan pencopotan ini. Pratikno mengatakan Presiden kemungkinan mengganti Asman kendati kinerjanya bagus.

Pratikno berujar, kemungkinan pencopotan itu merupakan konsekuensi dari dinamika politik yang ada. Kata dia, sikap PAN yang tidak mendukung calon presiden inkumben Joko Widodo dan calon wakil presidennya, Ma'ruf Amin, menjadi pembicaraan di internal koalisi pemerintah.

Saleh melanjutkan, sah-sah saja Presiden mengganti Asman kapan pun. Kata dia, PAN telah memberikan Asman sebagai kader terbaiknya untuk membantu Jokowi. Saleh pun meyakini Jokowi sebenarnya masih memerlukan Asman, tetapi terdesak oleh orang-orang di sekitarnya.

Saleh mengungkit prestasi yang dilakukan Asman selama di kabinet. Menurut dia, Asman sudah banyak melakukan terobosan reformasi birokrasi, meliputi penataan sumber daya manusia dan anggaran.

"Pak Pratikno juga mengakui kinerjanya bagus. Kami tentu senang mendapat penilaian seperti itu," ujarnya.

Saleh juga meminta Asman Abnur tak terpengaruh dengan kabar pencopotan itu. Dia berharap Asman tetap bekerja seperti biasa. (*)