Logo Minggu, 26 Mei 2019
images

Puan Maharani. Foto: kastara.id

TABLOIDPEWARNA.com - Partai koalisi pendukung Jokowi satu suara menyatakan setuju jika Puan Maharani yang akan mengisi kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2019-2024. Menanggapi hal ini, Puan Maharani mengatakan masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Saya masih fokus jadi Menko PMK sampai insyaallah sampai akhir masa jabatan, dan saat ini kan kita masih menunggu hasil real count sampai tanggal 22. Jadi masih fokus pada hal tersebut," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Puan mengatakan hingga kini belum ada pembicaraan di internal partainya mengenai penugasan dan posisi tertentu di DPR. Ia tak menyangkal bahwa namanya masuk dalam kandidat Ketua DPR. Namun, ia memastikan belum ada keputusan yang resmi terkait hal tersebut.

 

Sinyal kemungkinan Ketua DPR dijabat perempuan awalnya muncul dari Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah kemudian mengakui bahwa Puan Maharani, adalah kader yang paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.

Basarah menyebut, Puan memiliki kapasitas menjadi Ketua DPR RI karena berbagai pengalamannya di dunia politik. Selain berpengalaman sebagai Menko PMK RI 2014-2019, Puan juga pernah menjabat Ketua Fraksi PDIP 2009-2014 dan sudah tiga periode menjadi pengurus DPP PDIP.

"Puan juga memiliki legitimasi yang kuat untuk duduk sebagai Ketua DPR RI karena perolehan suaranya dalam pileg 2019 ini memecahkan rekor perolehan tertinggi yaitu di atas 420 ribu suara," ujar Basarah saat dihubungi wartawan pada Senin malam, 13 Mei 2019.

Pergaulan dan interaksi politik Puan Maharani dengan berbagai kalangan sosial politik, ujar Basarah, juga sangat luas dan baik. Putri dari Megawati Soekarnoputri itu juga disebut sebagai kader partai yang paling dipercaya untuk urusan-urusan publik saat ini.

 
Sementara wakilnya, ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Sejauh ini, PDIP memang menempati posisi teratas sebagai partai dengan suara terbanyak di pemilu 2019. (sumber: tempo.co)