Logo Senin, 19 November 2018
images

Lembaran surat dari iblis (Foto: reuters/ tempo.co)

TABLOIDPEWARNA.com - Para ahli dan peneliti akhirnya mampu memecahkan misteri di balik sebuah surat yang menggunakan kode aneh. Kemungkinan surat itu ditulis oleh seorang biarawati sekitar 300 tahun lalu.

Hasilnya terjemahan yang dilakukan periset terhadap surat itu cukup mengagetkan. Surat yang kemungkinan ditulis oleh Maria Crocifissa della Concezione menceritakan bagaimana iblis dan lucifer mempengaruhi manusia agar jauh dari Tuhan.

Diambil dari situs berita Tempo.com, Maria diceritakan merupakan biawaran dari Palma di Montechiaro, sebuah daerah di Italia bagian selatan.

Surat yang ditinggalkan oleh Maria setelah kematiannya itu sebelumnya sempat membuat para ahli sulit menerjemahkannya. Adalah kelompok ahli dari Pusat Ilmu Pengetahuan Ludum di Sisilia, Italia yang mampu memecahkannya.

Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan Ludum Daniele Abate mengatakan, dalam surat itu diceritakan adanya perilaku kekelaman manusia. Baik itu menyangkut prostitusi, pencabulan anak dan obat-obatan yang merusak manusia.

Ilmuwan menilai biarawati Maria merupakan ahli bahasa yang diperolehnya saat belajar di tempat tersebut.

Dalam laporannya, para ahli menyimpulkan, bahwa lucifer berusaha membuat manusia agar terusir dari Tuhan, sama seperti yang dialami lucifer sebelumnya. Juga disebutkan bahwa lucifer ingin manusia mengikuti iblis.

Kabarnya, surat yang menyimpan misteri tersebut merupakan surat kiriman setan, sehingga sulit dimengerti maknanya.

Ilmuwan pun melakukan pendekatan kode deskripsi. Ada semacam kesimpulan, di saat ajal menjemput suster Maria yang kemungkinan menderita gangguan penyakit jiwa, seakan-akan sedang berbicara dengan iblis. Dari situlah kemudian suster Maria menulis hasil pembicaraannya menggunakan kode rahasia.

(sumber asli: tempo.co) Surat Iblis di Italia Diterjemahkan Setelah 300 Tahun, Isinya?