Logo Sabtu, 16 Februari 2019
images

foto: internet

TABLOIDPEWARNA.com - WhatsApp punya fitur yang cukup membantu tapi tak banyak yang menggunakannya. Aplikasi pesan kepunyaan Facebook ini memungkinkan penggunanya berkirim pesan tanpa mengetik.

Bukan kirim pesan suara yang dimaksudkan. Memang fitur tersebut memungkinkan kita kirim pesan tanpa mengetik. Tapi, tidak semua orang ingin menerima pesan berbentuk suara.

Fitur yang dimaksudkan detikINET bernama Dictation. Memungkinkan kamu mengucapkan pesan yang ingin disampaikan, ponsel bakal menuangkannya dalam bentuk teks.

Adanya fitur ini cukup membantu kala kamu ingin berkirim pesan tapi tangan kesulitan mengetik di layar, misalnya tengah mengemudi atau sedang menggunakan sarung tangan.

Fungsi Dictation bisa digunakan di iOS maupun Android. Caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut ini:

1. Buka WhatsApp

2. Buka chat dengan kontak yang ingin dihubungi

3. Sentuh area pengetikan pesan untuk menampilkan keyborad

4. Lalu tekan ikon Microfone yang ada di keyboard

5. Ucapkan pesan yang ingin dituliskan

Jika ingin menambahkan tanda baca, cukup katakan saja, misalnya 'Koma' atau 'Tanda Tanya'. Setelah semua pesan telah dituangkan dalam teks, periksa kembali apakah ada kata yang salah atau tidak. Bila semuanya benar, tinggal tekan tombol kirim.

Oh iya, pastikan keyboard terseting dengan bahasa yang ingin digunakan. Agar pendiktean kata lebih tepat. Selamat mencoba! (detik.com)